KEPUTUSAN KEPALA UPTD PUSKESMAS KWANDANG WILAYAH DINAS KESEHATAN KABUPATEN GORONTALO UTARA NOMOR : 0080 TAHUN 2024 TENTANG STANDAR PELAYANAN PADA UPTD PUSKESMAS KWANDANG
No |
Komponen |
Uraian |
Ket |
1 |
Dasar Hukum |
A.
Undang-undang
nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
B.
Peraturan Ombudsman RI Nomor 26 tahun 2017
tentang Tata Cara Penerimaan, Pemeriksaan dan Penyelesaian Laporan
C.
Peraturan Menteri
Kesehatan No 43 tahun 2019 Tentang Puskesmas
D.
Peraturan Menteri
Kesehatan No 44 Tahun 2016 Tentang Pedoman Manajemen Puskesmas
E.
Keputusan Bupati
Gorontalo Utara Nomor 821.29/BKPP/SK/003/2023 Tahun 2023 Tentang Pengangkatan
Pejabat Kepala Unit Pelaksana teknis Daerah Pusat Kesehatan Masyarakat Di
Lingkungan Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara
F.
SK Kepala UPTD
Puskesmas Kwandang Nomor 008 tahun 2024 tentang Standar Pelayanan UPTD
Puskesmas Kwandang.
G.
SK Kepala
Puskesmas Kwandang Nomor 009 Tahun 2024 tentang Kompensasi Layanan Yang Tidak
Sesuai Standar Pelayanan UPTD Puskesmas Kwandang.
|
|
2 |
Persyaratan |
1. Pendaftaran a. Membawa KTP / NIK atau Kartu JKN b. Membawa Kartu Berobat Bagi Pasien Lama Persyaratan Visum a. Membawa Surat Pengantar Dari Polsek Kwandang b. Biaya Tarif Rp.100.000 Persyaratan Skrining Layak Menikah a. Membawa KTP / JKN Calon Suami dan Istri b. Membawa Surat Keterangan Nikah Dari Desa Persyaratan Kir Kesehatan a. Membawa KTP / NIK b. Biaya Tarif Rp.41.000 2. Pemeriksaan Umum Pasien sudah
terdaftar di Loket Pendaftaran 3. Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pasien sudah
terdaftar di Loket Pendaftaran 4. Pelayanan Kia/Kb/Imunisasi a. Pasien sudah terdaftar di Loket Pendaftaran b. Membawa Buku KIA Bagi Ibu Hamil,Bayi dan
Balita 5. Pelayanan Persalinan a. KTP / NIK atau Kartu JKN b. Membawa Buku Kia 6. Pelayanan Laboratorium Membawa Surat
Pengantar Pemeriksaan Lab yang di Tanda tangani oleh Dokter UPTD Puskesmas
Kwandang 7. Pelayanan Farmasi Membawa Lembar
Resep Resmi yang di Tanda Tangani Oleh Dokter UPTD Puskesmas Kwandang 8. Pelayanan Ruangan Tindakan/ Ugd Membawa KTP / NIK atau Kartu JKN Persyaratan Visum : ·
Membawa Surat Pengantar Dari Polsek
Kwandang ·
Biaya Tarif Rp.100.000 9. Pelayanan Rawat Inap Membawa KTP / NIK atau Kartu JKN |
|
3 |
Sistem, Mekanisme Dan Prosedur. |
A. Kepemimpinan Dan Manajemen Puskesmas
1. Standar Operasioanal Prosedur Manajemen
Keuangan
2. Standar Operasioanal Prosedur Kepegawaian
3. Standar Operasioanal Prosedur Sistem
Informasi Kesehatan
4. Standar Operasioanal Prosedur Manajemen
Sarana Prasarana, Bangunan Dan Peralatan
B.
Upaya Kesehatan
Masyarakat (Ukm)
1. Ukm Esensial
a.
Standar
Operasioanal Prosedur Kia
b.
Standar
Operasioanal Prosedur P2
c.
Standar
Operasioanal Prosedur Pelyanan Kesehatan Lingkungan
d.
Standar
Operasioanal Prosedur Pelayanan Gizi
e.
Standar
Operasioanal Prosedur Pelayanan Promkes
f.
Standar Operasioanal
Prosedur Pelayanan Perkesmas
2. Ukm Pengembangan
a. Standar Operasioanal Prosedur Pelayanan Upaya Kesehatan Sekolah
b. Standar Operasioanal Prosedur Pelayanan
Kesehatan Pada Remaja
c. Standar Operasioanal Prosedur Pelayanan
Kesehatan Lanjut Usia
d. Standar Operasioanal Prosedur Pelayanan
Kesehatan Jiwa
e. Standar Operasioanal Prosedur Kesehatan
Kerja Dan Olahraga
C.
Upaya Kesehatan
Perorangan (Ukp)
1. Standar Opersional Prosedur Pendaftaran
Pasien Dan Rekam Medik
2. Standar Opersional Prosedur Pemeriksaan Umum
3. Standar Opersional Prosedur Pelayanan
Kesehatan Gigi Dan Mulut
4. Standar Opersional Prosedur Pelayanan
Kia/Kb/Imunisasi
5. Standar Opersional Prosedur Pelayanan
Persalinan
6. Standar Opersional Prosedur Pelayanan
Laboratorium
7. Standar Opersional Prosedur Pelayanan Farmasi
8. Standar Opersional Prosedur Pelayanan
Ruangan Tindakan/ Ugd
9. Standar Opersional Prosedur Pelayanan Rawat
Inap
D.
Pelayanan
Pengaduan
1.
Standar
Opersional Prosedur Alur Pengaduan
|
|
4 |
Jangka Waktu Penyelesaian |
1. Pendaftaran Pasien Dan Rekam Medik
Pelayanan Pendaftaran Pasien 5 - 10 Menit
2. Pemeriksaan Umum
Pelayanan Umum < 15 Menit
3. Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut
a.
Waktu Pelayanan Dengan Tindakan ≤ 30 Menit
b.
Waktu Pelayanan Tanpa Tindakan ≤ 15 Menit
4. Pelayanan Kia/Kb/Imunisasi
a. Pelayanan Anc ≤ 20 Menit b. Pelayanan Kb (Untuk Pemasangan ≤ 20 Menit , Dan Untuk Cabut Pasang ≤
30 Menit ) c. Pelayanan Catin ≤ 20 Menit d. Pelayanan Imunisasi ≤ 15 Menit 5. Pelayanan Persalinan
Waktu Pelayanan Persalinan 3 X 24 Jam
6. Pelayanan Laboratorium
Waktu Pelayanan Laboratorium < 30 Menit
7. Pelayanan Farmasi
Resep Non Racikan (Obat Jadi) : ± 10 Menit
Resep Racikan (Obat Puyer Bayi Dan Anak ) : ± 20 Menit
8. Pelayanan Ruangan Tindakan/ Ugd
Rawat Luka : 5 – 10 Menit
Tindakan Sedang: - Besar : 45 Menit-1 Jam
9. Pelayanan Rawat Inap
|
|
5 |
Biaya Tarif |
1. Pendaftaran Pasien Dan Rekam Medik
a.
Peserta Jkn Gratis
b.
Pasien Umum Rp 31.000.-
c.
Kir Kesehatan Rp.41.000
d.
Visum etrevertrum Rp 100.000
2. Pelayanan Ruangan Tindakan/ Ugd
a.
Peserta Bpjs Gratis
b.
Pasien Umum Berdasarkan Tindakan Yang
Tertera Di Perda No 1 Tahun 2024 Tentang Pajak Daerah Dan Retrribusi Daerah.
3. Pelayanan Rawat Inap
a.
Peserta Bpjs Gratis
b.
Pasien Umum Berdasarkan Tindakan Yang
Tertera Di Perda No 1 Tahun 2024 Tentang Pajak Daerah Dan Retrribusi Daerah.
4. Pelayanan Luar Gedung Gratis
|
|
6. |
Produk Layanan |
A.
Upaya Kesehatan
Masyarakat (Ukm)
1.
Ukm Esensial
a.
Pelayanan Kia
b.
Pelayanan P2
c.
Pelyanan
Kesehatan Lingkungan
d.
Pelayanan R
Pelayanan Gizi
e.
Pelayanan
Pelayanan Promkes
f.
Pelayanan
Pelayanan Perkesmas
2.
Ukm Pengembangan
a.
Pelayanan Upaya Kesehatan Sekolah
b.
Pelayanan
Kesehatan Pada Remaja
c.
Pelayanan
Kesehatan Lanjut Usia
d.
Pelayanan
Kesehatan Jiwa
e.
Kesehatan Kerja
Dan Olahraga
B.
Upaya Kesehatan
Perorangan (Ukp)
a.
Pendaftaran
Pasien Dan Rekam Medik
Jasa Pelayanan Pendaftaran Pasien
b.
Pelayanan
Pemeriksaan Umum
Jasa Pelayanan Pemeriksaan Umum
c.
Pelayanan
Kesehatan Gigi Dan Mulut
1) Konsultasi Medis 2) Tindakan Kegawatdaruratan Medis Gigi Dan Mulut 3) Tindakan Ekstraksi / Pencabutan Gigi Susu 4) Tindakan Pencabutan Gigi Permanen 5) Premedikasi/Pengobatan 6) Rujukan Gigi Dan Mulut d.
Pelayanan
Kia/Kb/Imunisasi
Jasa Pelayanan Kia/Kb/Imunisasi
e.
Pelayanan
Persalinan
Jasa Pelayanan Persalinan Normal
f.
Pelayanan
Laboratorium
Jasa Pelayanan Laboratorium
g.
Pelayanan Farmasi
Pelayanan Kefarmasian
h.
Pelayanan Ruangan
Tindakan/ Ugd
Jasa Pelayanan Tindakan Dan Tindakan Gawat
Darurat
i.
Pelayanan Rawat
Inap
Jasa Pelayanan Tindakan Dan Tindakan Gawat Darurat |
|
7 |
Sarana Prasarana Dan / Atau Fasilitas |
1. Gedung Rawat Jalan 2. Gedung Rawat Inap 3. Gedung Persalinan 4. Gedung Gizi 5. Gedung Ukm 6. Aula Pertemuan 7. Ambulance 2 Unit 8. Mobil Promkes 1 Unit 9. Motor Operasional 1 Unit 10. Fasilitas Keselamatan Dan Keamanan Pengguna Dan Pemberi Pelayanan a. Cctv b. Apar c. Jalur Evakuasi d. Titik Kumpul e. Kalibrasi f. Hand Rail g. Tempat Duduk Prioritas h. Generator Set i. Satpam/security 11. Fasilitas Pelayanan Pasien Prioritas a. Tempat Duduk Prioritas b. Hand Rail c. Kursi Roda d. Tongkat Lansia e. Kalung Penanda Resiko Jatuh f. Ruang Laktasi g. Akses Kursi Roda 12. Sudut Baca 13. Ruang Bermain Anak 14. Ruang Mushola 15. Tempat Parkir 16. Standing Informasi 17. Layanan Aduan |
|
8 |
Kompetensi
Pelaksana |
a. Semua Tenaga Kesehatan Memiliki Str b. Semua Tenaga Medis Dan Paramedis Memiliki Str Dan Sip |
|
9 |
Pengawasan Internal |
a. Kepala Puskesmas b. Ketua Mutu c. Ketua Audit Internal |
|
10 |
Penanganan Pengaduan,Saran Dan Masukan |
a. Kotak Saran b. Layanan Aduan Dan Saran (Secara Langsung Dan Melaui Hotline) c. Survei Kepuasan Pelananggan / Pasien |
|
11 |
Jumlah Pelaksana |
a. Dokter 4 b. Perawat 21 c. Bidan 23 d. Apoteker 1 e. Asisten Apoteker 2 f. Gizi 4 g. Kesehatan Masyarakat 5 h. Kesehatan Lingkungan 2 i. Tenaga Penunjang 4 j. Cleaning Service 3 k. Sopir 2 |
|
12 |
Jaminan Pelayanan Yang Memberikan Kepastian Pelayanan
Di Laksanakan Sesuai Standar Pelayanan |
Dalam Upaya Dalam Memberikan Jaminan
Pelayanan Kepada Masyarakat Berupa Kepastian Pelayanan Sesuai Dengan Standar
Maka Puskesmas Kwandang Menetapkan Visi,Misi,Motto Dan Tata Niaia,Maklumat
Pelayanan, Janji Layanan Serta Kompensasi Pelayaanan Kepada Pengunjung. |
|
13 |
Jaminan Keamanan Dan Keselamatan Pelayanan Dalam Bentuk
Komitmen Untuk Memberikan Rasa Aman,Bebas Dari Bahaya,Dan Resiko Keragu
Raguan. |
Dalam Memberikan Keamanan Dan Keselamatan Pelayanan
Kepada Pengunjung Uptd Puskesmas Kwandang Menyediakan a. Cctv b. Apar c. Jalur Evakuasi d. Titik Kumpul e. Kalibrasi f. Hand Rail g. Tempat Duduk Prioritas h. Generator Set |
|
14 |
Evaluasi Kinerja Pelaksana |
Evaluasi Kinerja Pelaksana Di Lakukan Secara Periodik
Dan Berkesinambungan Dengan Tujuan Mengetahui Perkembangan Dan Keberhasilan
Serta Mengetahui Hambatan Dan Kendala Yang Di Temukan Dalam Rangka
Pelaksanaan Standar Pelayanan Melalui : 1. Minlok Bulanan 2. Minlok Tribulanan 3. Penetapan Skp 4. Laporan Pkp 5. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat 6. Laporan Evaluasi Pengaduan 7. Audit Internal 8. 9. Laporan Tim Pembina Cluster Binaan Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo
Utara. |
|
Posting Komentar