STANDAR PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT

 

A.       PERSYARATAN

Membawa KTP/NIK atau Kartu JKN

B.       PROSEDUR

1)    Memanggil nama pasien sesuai nomor urut antrian

2)    Mencocokkan kartu identitas sesuai dengan rekam medis pasien


3)    Melakukan anamnesa

4)    Melakukan pemeriksaan status gigi dan mulut

5)    Mengisi formulir odontogram

6)    Menegakkan diagnose berdasarkan hasil anamnesa dan pemeriksaan

7)                                                         Apabila dibutuhkan pemeriksaan penunjang, petugas membuat rujukan internal ke                                 laboratorium

8)    Apabila ditemukan pasien dengan Riwayat penyakit sistemik seperti hipertensi, diabetes melitus, petugas merujuk ke ruangan pemeriksaan umum

9)    Apabila dari hasil diagnosa tidak memerlukan tindakan, petugas menulis resep sesuai diagnosa dan mempersilahkan pasien mengambil obat di apotek

10)  Apabila dari hasil dianosa pasien perlu dirujuk, petugas membuat rujukan eksternal dan menyerahkan ke pasien

11)  Apabila dari hasil diagnose pasien memerlukan Tindakan, petugas menjelaskan maksud dan tujuan Tindakan

12)  Petugas mengisi blanko informed consent dan mempersilahkan pasien/keluarga untuk menandatangani jika setuju dengan Tindakan yang akan dilakukan

13)  Petugas mempersiapkan alat dan bahan sesuai dengan jenis Tindakan

14)  Petugas memakai APD

15)  Petugas melakukan Tindakan

16)  Jika pasien umum, petugas memberi nota tagihan dan mempersilahkan pasien untuk membayar di kasir /loket pendaftaran

C.  WAKTU

1)       Waktu pelayanan dengan tindakan 30 menit

2)      Waktu pelayanan tanpa tindakan 15 menit

D.  BIAYA PELAYANAN

1)       Pasien BPJS : Gratis

2)       Ekstraksi gigi biasa = Rp 75.000,-

3)       Ekstraksi gigi komplikasi = Rp 250.000,-

E.   PRODUK LAYANAN

1)       Konsultasi Medis

2)       Tindakan kegawatdaruratan medis gigi dan mulut

3)       Tindakan Ekstraksi / pencabutan gigi susu

4)       Tindakan pencabutan gigi permanen

5)       Premedikasi/pengobatan

6)       Rujukan gigi dan mulut

F.   PENGADUAN

Layanan Aduan melalui Loket Aduan, Kotak Saran atau WA 082290140375

Post a Comment