Berdasarkan Surat Keputusan Kepala UPTD Puskesmas Kwandang Nomor 130 Tahun 2023 Tentang Kompensasi Layanan yang tidak sesuai standar Pelayanan pada UPTD Puskesmas Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara.
Sistem Kompensasi diberlakukan apabila terdapat keluhan dari pengguna layanan atas adanya pelayanan yang tidak sesuai dengan 14 Komponen 14 komponen Standar Pelayanan yang ditetapkan pada setiap unit pelayanan.
NO |
STANDAR PELAYANAN |
KOMPENSASI |
KET |
1 |
Dasar hukum |
Apabila pelayanan
yang diberikan oleh UPTD Puskesmas Kwandang tidak sesuai dengan standar : a. Peraturan Menteri
Kesehatan No 43 tahun 2019 Tentang Puskesmas b. Peraturan Menteri Kesehatan No 44 Tahun 2016
Tentang Pedoman Manajemen Puskesmas c. Peraturan Daerah No 1 Tahun 2024 tentang pajak Daerah dan
Retribusi Daerah. d. SK Kepala Puskesmas
Kwandang No 008 Tahun 2024 tentang Standar Pelayanan UPTD Puskesmas Kwandang Maka Puskesmas memberikan kompensasi berupa permintaan
maaf oleh petugas dan penjelasan kepa pasien mengapa jenis pelayanan tersebut
tidak dapat diberikan, baik standar alkes maupun standar kompetensi sesuai
dengan kondisi Puskesmas Saat itu. |
|
2 |
Persyaratan |
Apabila petugas meminta persyaratan diluar standar
dibawah ini : 1.
Membawa KTP / NIK atau
kartu JKN 2.
Membawa kartu berobat Maka Puskesmas memberikan
kompensasi berupa permintaan maaf oleh petugas dan memberikan penjelasan
mengapa persyaratan lain diminta. |
|
3 |
SISTEM, MEKANISME DAN PROSEDUR. |
Apabila pelayanan yang diberikan tidak sesuai
sistim, mekanisme, dan prosedur di bawah ini : A.
Kepemimpinan dan Manajemen Puskesmas 1. Standar Operasioanal Prosedur manajemen Keuangan 2. Standar Operasioanal Prosedur Kepegawaian 3. Standar Operasioanal Prosedur Sistem Informasi Kesehatan 4. Standar Operasioanal Prosedur Manajemen Sarana
Prasarana, Bangunan dan
Peralatan B.
Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) 1. UKM Esensial a.
Standar Operasioanal Prosedur KIA b.
Standar Operasioanal Prosedur P2 c.
Standar Operasioanal Prosedur
Pelyanan Kesehatan Lingkungan d.
Standar Operasioanal Prosedur
Pelayanan Gizi e.
Standar Operasioanal Prosedur
Pelayanan Promkes f.
Standar Operasioanal Prosedur
Pelayanan Perkesmas 2. UKM Pengembangan a.
Standar Operasioanal Prosedur
Pelayanan Upaya Kesehatan Sekolah b.
Standar Operasioanal Prosedur
Pelayanan Kesehatan Pada
Remaja c.
Standar Operasioanal Prosedur
Pelayanan Kesehatan Lanjut
Usia d.
Standar Operasioanal Prosedur
Pelayanan Kesehatan Jiwa e.
Standar Operasioanal Prosedur
Kesehatan Kerja Dan
Olahraga |
|
|
|
C. Upaya
Kesehatan Perorangan (UKP) 1. Standar Opersional Prosedur Pendaftaran Pasien dan Rekam Medik 2. Standar Opersional Prosedur Pemeriksaan Umum 3. Standar Opersional Prosedur Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut 4. Standar Opersional Prosedur Pelayanan Kia/Kb/Imunisasi 5. Standar Opersional Prosedur Pelayanan Persalinan 6. Standar Opersional Prosedur Pelayanan Laboratorium 7. Standar Opersional Prosedur Pelayanan Farmasi 8. Standar Opersional Prosedur Pelayanan Ruangan Tindakan/ Ugd 9. Standar Opersional Prosedur Pelayanan rawat Inap Maka Puskesmas memberikan kompensasi berupa permintaan
maaf oleh petugas dan memberikan penjelasan mengapa prosedur lain dilakukan. |
|
4 |
JANGKA WAKTU PENYELESAIAN |
Apabila terjadi keterlambatan
pelayanan yang tidak sesuai dengan standar waktu penyelesaian 1. Pendaftaran Pasien dan Rekam Medik Pelayanan Pendaftaran Pasien 5 - 10 Menit 2. Pemeriksaan Umu Pelayanan Umum
< 15 Menit 3. Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut a.
Waktu pelayanan dengan tindakan ≤ 30 menit b.
Waktu pelayanan tanpa tindakan ≤ 15 menit 4. Pelayanan Kia/Kb/Imunisasi a.
Pelayanan ANC ≤ 20 Menit b.
Pelayanan KB (Untuk Pemasangan ≤ 20 Menit , dan
Untuk Cabut Pasang ≤ 30 Menit ) c.
Pelayanan Catin ≤ 20 Menit d.
Pelayanan Imunisasi ≤ 15 Menit 5. Pelayanan Persalinan Waktu Pelayanan Persalinan 3 X 24
Jam 6. Pelayanan Laboratorium Waktu Pelayanan Laboratorium < 30 Menit 7. Pelayanan Farmasi Resep Non
Racikan (Obat Jadi) : ± 10 menit
Resep Racikan (Obat
puyer bayi dan
anak ) : ± 20 menit 8. Pelayanan Ruangan Tindakan/ Ugd . |
|
|
|
Rawat Luka : 5 – 10 Menit Tindakan Sedang: - Besar : 45 Menit-1
Jam 9. Pelayanan rawat
Inap Maka Puskesmas memberikan
kompensasi berupa permintaan maaf oleh petugas dan memberikan penjelasan
mengapa terjadi keterlambatan. |
|
5 |
Biaya Tarif |
Apabila petugas meminta tarif tidak sesuai standar
di bawah ini 1. Pendaftaran Pasien
dan Rekam Medik a.
Peserta JKN gratis b.
Pasien Umum Rp 15.000.- c.
Kir Kesehatan Rp.41.000 2. Pelayanan Ruangan Tindakan/ Ugd a.
Peserta BPJS gratis b.
Pasien Umum Berdasarkan Tindakan
yang Tertera di Perda No 1 Tahun
2024 tentang pajak Daerah dan Retrribusi Daerah. 3. Pelayanan rawat
Inap a.
Peserta BPJS gratis b.
Pasien Umum Berdasarkan Tindakan
yang Tertera di Perda No 1 Tahun
2024 tentang pajak Daerah dan Retrribusi Daerah. 4. Pelayanan Luar
Gedung Gratis Maka Puskesmas
memberikan kompensasi berupa permintaan maaf oleh petugas dan melakukan
pengembalian biaya yang tidak sesuai standar |
|
6. |
Produk Layanan |
Apabila Produk layanan dibawah
ini tidak tersedia seperti di bawah ini : A. Upaya
Kesehatan Masyarakat (UKM) 1.
UKM Esensial a.
Pelayanan KIA b.
Pelayanan P2 c.
Pelyanan Kesehatan Lingkungan d.
Pelayanan r Pelayanan Gizi e.
Pelayanan Pelayanan Promkes f.
Pelayanan Pelayanan Perkesmas 2.
UKM Pengembangan a.
Pelayanan Upaya Kesehatan Sekolah b.
Pelayanan Kesehatan Pada Remaja c.
Pelayanan Kesehatan Lanjut Usia d.
Pelayanan Kesehatan Jiwa e.
Kesehatan Kerja Dan Olahraga B. Upaya
Kesehatan Perorangan (UKP) a.
Pendaftaran Pasien
dan Rekam Medik Jasa Pelayanan Pendaftaran Pasien b.
Pelayanan Pemeriksaan Umum Jasa Pelayanan Pemeriksaan Umum c.
Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut 1) Konsultasi Medis |
|
|
|
2)
Tindakan kegawatdaruratan medis
gigi dan mulut 3)
Tindakan Ekstraksi / pencabutan gigi susu 4)
Tindakan pencabutan gigi permanen 5)
Premedikasi/pengobatan 6)
Rujukan gigi dan mulut d.
Pelayanan Kia/Kb/Imunisasi Jasa Pelayanan KIA/KB/Imunisasi e.
Pelayanan Persalinan Jasa Pelayanan Persalinan Normal f.
Pelayanan Laboratorium Jasa pelayanan laboratorium g.
Pelayanan Farmasi Pelayanan Kefarmasian h.
Pelayanan Ruangan Tindakan/ Ugd Jasa Pelayanan Tindakan dan
Tindakan Gawat Darurat i.
Pelayanan rawat Inap Jasa Pelayanan Tindakan dan
Tindakan Gawat Darurat Maka
Puskesmas memberikan kompensasi berupa permintaan maaf oleh petugas dan
memberikan penjelasan mengapa produk layanan tersebut tidak tersedia dan
memberikan solusi pada pasien seperti rujukan antar puskesmas maupun rujukan
ke Rumah Sakit. |
|
7 |
SARANA PRASARANA DAN / ATAU
FASILITAS |
Apabila sarana prasarana atau fasilitas di bawah ini
tidak tersedia 1.
Gedung Rawat Jalan 2.
Gedung Rawat Inap 3.
Gedung Persalinan 4.
Gedung Gizi 5.
Gedung UKM 6.
Aula Pertemuan 7.
Ambulance 2 Unit 8.
Mobil Promkes 1 Unit 9.
Motor operasional 1 unit 10. Fasilitas Keselamatan dan Keamanan
Pengguna dan pemberi Pelayanan a.
CCTV b.
APAR c.
Jalur Evakuasi d.
Titik Kumpul e.
Kalibrasi f.
Hand rail g.
Tempat Duduk Prioritas h.
Generator Set 11. Fasilitas Pelayanan pasien Prioritas a.
Tempat Duduk Prioritas b.
Hand rail c.
Kursi Roda |
|
|
|
d.
Tongkat Lansia Maka Puskesmas memberikan
kompensasi berupa permintaan maaf oleh petugas dan memberikan penjelasan
mengapa sarana prasarana atau fasilitas tidak tersedia dan memberikan solusi
seperti rujukan antara Puskesmas atau Rujukan ke rumah sakit. |
|
8 |
KOMPETENSI PELAKSANA |
Apabila petugas tidak kompeten
dalam memberikan pelayanan sesuai standar di bawah ini a.
Semua Tenaga Kesehatan Memiliki STR b.
Semua Tenaga Medis dan Paramedis
Memiliki STR dan SIP Maka Puskesmas memberikan
kompensasi berupa permintaan maaf oleh petugas dan puskesmas segera
menempatkan petugas yang berkompeten dalam pelayanan tersebut |
|
9 |
PENGAWASAN INTERNAL |
Apabila
pengawasan internal puskesmas tidak dilakukan sesuai standar a.
Kepala Puskesmas b.
Ketua Mutu c.
Ketua Audit Internal Maka Puskesmas memberikan
kompensasi berupa permintaan maaf oleh petugas dan memberikan penjelasan
serta segera melakukan pengawasan internal secara rutin. |
|
10 |
PENANGANAN PENGADUAN,SARAN DAN
MASUKAN |
Apabila penanganan pengaduan, saran dan masukan
tidak tersedia sesuai standar dibawah ini a.
Kotak Saran b.
Layanan Aduan dan Saran
(secara langsung dan Melaui Hotline) c.
Survei Kepuasan Pelananggan /
Pasien Maka
Puskesmas memberikan kompensasi berupa permintaan maaf oleh petugas dan
melakukan pembinaan kepada tim penanganan aduan. |
|
11 |
Jumlah Pelaksana |
Apabila pelaksana pelayanan tidak sesuai standar di
bawah ini : a.
Dokter 4 b.
Perawat 21 c.
Bidan 23 d.
Apoteker 1 e.
Asisten Apoteker 2 f.
Gizi 4 g.
Kesehatan Masyarakat 5 h.
Kesehatan Lingkungan 2 i.
Tenaga Penunjang 4 j.
Cleaning Service 3 k.
Sopir 2 Maka Puskesmas memberikan kompensasi
berupa permintaan maaf oleh petugas dan memberikan penjelasan mengapa terjadi
kekurangan tenaga |
|
12 |
Jaminan
Pelayanan yang memberikan kepastian pelayanan
di laksanakan sesuai standar pelayanan |
Apabila Upaya dalam memberikan jaminan pelayanan
kepada masyarakat tidak ada kepastian pelayanan sesuai
dengan standar
visi,misi,motto dan tata niaia,maklumat pelayanan, janji layanan serta kompensasi
pelayaanan kepada pengunjung. Maka
Puskesmas memberikan kompensasi berupa permintaan maaf oleh petugas dan
memberikan penjelasan dan jaminan perbaikan pelayanan sesuai standar. |
|
13 |
Jaminan
Keamanan dan keselamatan Pelayanan dalam Bentuk Komitmen untuk memberikan
rasa aman,bebas dari bahaya,dan resiko keragu raguan. |
Apabila Puskesmas tidak memberikan keamanan dan
keselamatan pelayanan kepada
pengunjung UPTD Puskesmas Kwandang sesuai standar Maka Puskesmas memberikan
kompensasi berupa permintaan maaf oleh petugas dan memberikan penjelasan
serta segera melakukan perbaikan jaminan keamanan dan keselamatan pengunjung. |
|
14 |
Evaluasi Kinerja Pelaksana |
Apabila Puskesmas tidak melakukan Evaluasi Kinerja Pelaksana secara
periodik dan berkesinambungan sesuai
standar pelayanan dibawah ini : 1.
Minlok Bulanan 2.
Minlok Tribulanan 3.
Penetapan SKP 4.
Laporan PKP 5.
Laporan Survei Kepuasan Masyarakat 6.
Laporan Evaluasi Pengaduan |
|
|
|
7.
Audit Internal 8.
Audit Keuangan Oleh BPK 9.
Laporan Tim Pembina Cluster Binaan Dinas
Kesehatan Kabupaten Gorontalo Utara. Maka Puskesmas memberikan kompensasi berupa permintaan
maaf oleh petugas dan memberikan penjelasan serta memberikan pembinaan
terhadap penangung jawab kegiatan |
|
Posting Komentar