Kompensasi Layanan

 Berdasarkan Surat Keputusan Kepala UPTD Puskesmas Kwandang Nomor 130 Tahun 2023 Tentang Kompensasi Layanan yang tidak sesuai standar Pelayanan pada UPTD Puskesmas Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara.

Sistem Kompensasi diberlakukan apabila terdapat keluhan dari pengguna layanan atas adanya pelayanan yang tidak sesuai dengan 14 Komponen 14 komponen Standar Pelayanan yang ditetapkan pada setiap unit pelayanan. 

NO

STANDAR PELAYANAN

KOMPENSASI

KET

1

Dasar hukum

Apabila pelayanan yang diberikan oleh UPTD Puskesmas Kwandang tidak sesuai dengan standar :

a. Peraturan Menteri Kesehatan No 43 tahun 2019 Tentang Puskesmas

b. Peraturan Menteri Kesehatan No 44 Tahun 2016 Tentang Pedoman Manajemen Puskesmas

c. Peraturan Daerah No 1  Tahun 2024 tentang pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

d. SK Kepala Puskesmas Kwandang No 008 Tahun 2024 tentang Standar Pelayanan UPTD Puskesmas Kwandang

Maka Puskesmas memberikan kompensasi berupa permintaan maaf oleh petugas dan penjelasan kepa pasien mengapa jenis pelayanan tersebut tidak dapat diberikan, baik standar alkes maupun standar kompetensi sesuai dengan kondisi Puskesmas Saat itu.

 

2

Persyaratan

Apabila petugas meminta persyaratan diluar standar dibawah ini :

1.     Membawa KTP / NIK atau kartu JKN

2.     Membawa kartu berobat

Maka Puskesmas memberikan kompensasi berupa permintaan maaf oleh petugas dan memberikan penjelasan mengapa persyaratan lain diminta.

 

3

SISTEM, MEKANISME DAN PROSEDUR.

Apabila pelayanan yang diberikan tidak sesuai sistim, mekanisme, dan prosedur di bawah ini :

A.    Kepemimpinan dan Manajemen Puskesmas

 

1. Standar Operasioanal Prosedur manajemen Keuangan

2. Standar Operasioanal Prosedur Kepegawaian

3. Standar Operasioanal Prosedur Sistem Informasi Kesehatan

4. Standar Operasioanal Prosedur Manajemen Sarana Prasarana, Bangunan dan Peralatan

 

B.    Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM)

 

1.  UKM Esensial

 

a.       Standar Operasioanal Prosedur KIA

b.       Standar Operasioanal Prosedur P2

c.        Standar Operasioanal Prosedur Pelyanan Kesehatan Lingkungan

d.       Standar Operasioanal Prosedur Pelayanan Gizi

e.       Standar Operasioanal Prosedur Pelayanan Promkes

f.          Standar Operasioanal Prosedur Pelayanan Perkesmas

 

2.  UKM Pengembangan

 

a. Standar Operasioanal Prosedur Pelayanan Upaya Kesehatan Sekolah

b. Standar Operasioanal Prosedur Pelayanan Kesehatan Pada Remaja

c.  Standar Operasioanal Prosedur Pelayanan Kesehatan Lanjut Usia

d. Standar Operasioanal Prosedur Pelayanan Kesehatan Jiwa

e. Standar Operasioanal Prosedur Kesehatan Kerja Dan Olahraga

 

 

 

C. Upaya Kesehatan Perorangan (UKP)

 

1. Standar Opersional Prosedur Pendaftaran Pasien dan Rekam Medik

2. Standar Opersional Prosedur Pemeriksaan Umum

3. Standar Opersional Prosedur Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut

4. Standar Opersional Prosedur Pelayanan Kia/Kb/Imunisasi

5. Standar Opersional Prosedur Pelayanan Persalinan

6. Standar Opersional Prosedur Pelayanan Laboratorium

7. Standar Opersional Prosedur Pelayanan Farmasi

8. Standar Opersional Prosedur Pelayanan Ruangan Tindakan/ Ugd

9. Standar Opersional Prosedur Pelayanan rawat Inap

 

Maka Puskesmas memberikan kompensasi berupa permintaan maaf oleh petugas dan memberikan penjelasan mengapa prosedur lain dilakukan.

 

4

JANGKA WAKTU PENYELESAIAN

Apabila terjadi keterlambatan pelayanan yang tidak sesuai dengan standar waktu penyelesaian

1. Pendaftaran Pasien dan Rekam Medik Pelayanan Pendaftaran Pasien 5 - 10 Menit

2. Pemeriksaan Umu Pelayanan Umum < 15 Menit

3.  Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut

 

a.     Waktu pelayanan dengan tindakan 30 menit

b.     Waktu pelayanan tanpa tindakan 15 menit

 

4.  Pelayanan Kia/Kb/Imunisasi

 

a.     Pelayanan ANC 20 Menit

b.     Pelayanan KB (Untuk Pemasangan 20 Menit , dan Untuk Cabut Pasang ≤ 30 Menit )

c.     Pelayanan Catin 20 Menit

d.     Pelayanan Imunisasi 15 Menit

 

5.  Pelayanan Persalinan

 

Waktu Pelayanan Persalinan 3 X 24 Jam

 

6.  Pelayanan Laboratorium

 

Waktu Pelayanan Laboratorium < 30 Menit

 

7.  Pelayanan Farmasi

Resep Non Racikan (Obat Jadi) : ± 10 menit Resep Racikan (Obat puyer bayi dan anak ) :

± 20 menit

 

8.  Pelayanan Ruangan Tindakan/ Ugd

 

.

 


 

 

 

Rawat Luka : 5 10 Menit

 

Tindakan Sedang: - Besar : 45 Menit-1 Jam

 

9.  Pelayanan rawat Inap

 

Maka Puskesmas memberikan kompensasi berupa permintaan maaf oleh petugas dan memberikan penjelasan mengapa terjadi keterlambatan.

 

5

Biaya Tarif

Apabila petugas meminta tarif tidak sesuai standar di bawah ini

1.  Pendaftaran Pasien dan Rekam Medik

a.     Peserta JKN gratis

b.     Pasien Umum Rp 15.000.-

c.     Kir Kesehatan Rp.41.000

 

2.  Pelayanan Ruangan Tindakan/ Ugd

 

a.     Peserta BPJS gratis

b.     Pasien Umum Berdasarkan Tindakan yang Tertera di Perda No 1 Tahun 2024 tentang pajak Daerah dan Retrribusi Daerah.

 

3.  Pelayanan rawat Inap

 

a.     Peserta BPJS gratis

b.     Pasien Umum Berdasarkan Tindakan yang Tertera di Perda No 1 Tahun 2024 tentang pajak Daerah dan Retrribusi Daerah.

 

4.  Pelayanan Luar Gedung Gratis

 

 Maka Puskesmas memberikan kompensasi berupa permintaan maaf oleh petugas dan melakukan pengembalian biaya yang tidak sesuai standar

 

6.

Produk Layanan

Apabila Produk layanan dibawah ini tidak tersedia seperti di bawah ini :

A. Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM)

 

1.     UKM Esensial

 

a.     Pelayanan KIA

b.     Pelayanan P2

c.     Pelyanan Kesehatan Lingkungan

d.     Pelayanan r Pelayanan Gizi

e.     Pelayanan Pelayanan Promkes

f.       Pelayanan Pelayanan Perkesmas

 

2.     UKM Pengembangan

 

a.     Pelayanan Upaya Kesehatan Sekolah

b.     Pelayanan Kesehatan Pada Remaja

c.     Pelayanan Kesehatan Lanjut Usia

d.     Pelayanan Kesehatan Jiwa

e.     Kesehatan Kerja Dan Olahraga

 

B. Upaya Kesehatan Perorangan (UKP)

 

a.     Pendaftaran Pasien dan Rekam Medik Jasa Pelayanan Pendaftaran Pasien

b.     Pelayanan Pemeriksaan Umum Jasa Pelayanan Pemeriksaan Umum

c.     Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut

 

1) Konsultasi Medis

 


 

 

2)       Tindakan kegawatdaruratan medis gigi dan mulut

3)       Tindakan Ekstraksi / pencabutan gigi susu

4)       Tindakan pencabutan gigi permanen

5)       Premedikasi/pengobatan

6)       Rujukan gigi dan mulut

 

d.     Pelayanan Kia/Kb/Imunisasi

 

Jasa Pelayanan KIA/KB/Imunisasi

 

e.     Pelayanan Persalinan

 

Jasa Pelayanan Persalinan Normal

 

f.       Pelayanan Laboratorium Jasa pelayanan laboratorium

g.     Pelayanan Farmasi Pelayanan Kefarmasian

h.     Pelayanan Ruangan Tindakan/ Ugd

 

Jasa Pelayanan Tindakan dan Tindakan Gawat Darurat

 

i.       Pelayanan rawat Inap

 

Jasa Pelayanan Tindakan dan Tindakan Gawat Darurat

Maka Puskesmas memberikan kompensasi berupa permintaan maaf oleh petugas dan memberikan penjelasan mengapa produk layanan tersebut tidak tersedia dan memberikan solusi pada pasien seperti rujukan antar puskesmas maupun rujukan ke Rumah Sakit.

 

7

SARANA PRASARANA DAN / ATAU FASILITAS

Apabila sarana prasarana atau fasilitas di bawah ini tidak tersedia

 

1.     Gedung Rawat Jalan

2.     Gedung Rawat Inap

3.     Gedung Persalinan

4.     Gedung Gizi

5.     Gedung UKM

6.     Aula Pertemuan

7.     Ambulance 2 Unit

8.     Mobil Promkes 1 Unit

9.     Motor operasional 1 unit

10. Fasilitas Keselamatan dan Keamanan Pengguna dan pemberi Pelayanan

 

a.     CCTV

b.     APAR

c.     Jalur Evakuasi

d.     Titik Kumpul

e.     Kalibrasi

f.       Hand rail

g.     Tempat Duduk Prioritas

h.     Generator Set

 

11. Fasilitas Pelayanan pasien Prioritas

 

a.     Tempat Duduk Prioritas

b.     Hand rail

c.     Kursi Roda

 


 

 

d.     Tongkat Lansia

 

Maka Puskesmas memberikan kompensasi berupa permintaan maaf oleh petugas dan memberikan penjelasan mengapa sarana prasarana atau fasilitas tidak tersedia dan memberikan solusi seperti rujukan antara Puskesmas atau Rujukan ke rumah sakit.

 

8

KOMPETENSI PELAKSANA

Apabila petugas tidak kompeten dalam memberikan pelayanan sesuai standar di bawah ini

a.     Semua Tenaga Kesehatan Memiliki STR

b.     Semua Tenaga Medis dan Paramedis Memiliki STR dan SIP

Maka Puskesmas memberikan kompensasi berupa permintaan maaf oleh petugas dan puskesmas segera menempatkan petugas yang berkompeten dalam pelayanan tersebut

 

9

PENGAWASAN INTERNAL

Apabila pengawasan internal puskesmas tidak dilakukan sesuai standar

a.     Kepala Puskesmas

b.     Ketua Mutu

c.     Ketua Audit Internal

Maka Puskesmas memberikan kompensasi berupa permintaan maaf oleh petugas dan memberikan penjelasan serta segera melakukan pengawasan internal secara rutin.

 

10

PENANGANAN PENGADUAN,SARAN DAN MASUKAN

Apabila penanganan pengaduan, saran dan masukan tidak tersedia sesuai standar dibawah ini

a.     Kotak Saran

b.     Layanan Aduan dan Saran (secara langsung dan Melaui Hotline)

c.     Survei Kepuasan Pelananggan / Pasien

Maka Puskesmas memberikan kompensasi berupa permintaan maaf oleh petugas dan melakukan pembinaan kepada tim penanganan aduan.

 

11

Jumlah Pelaksana

Apabila pelaksana pelayanan tidak sesuai standar di bawah ini :

a.     Dokter 4

b.     Perawat 21

c.     Bidan 23

d.     Apoteker 1

e.     Asisten Apoteker 2

f.       Gizi 4

g.     Kesehatan Masyarakat 5

h.     Kesehatan Lingkungan 2

i.       Tenaga Penunjang 4

j.       Cleaning Service 3

k.     Sopir 2

Maka Puskesmas memberikan kompensasi berupa permintaan maaf oleh petugas dan memberikan penjelasan mengapa terjadi kekurangan tenaga

 

12

Jaminan Pelayanan yang memberikan kepastian pelayanan di laksanakan sesuai standar pelayanan

Apabila Upaya dalam memberikan jaminan pelayanan kepada masyarakat tidak ada kepastian pelayanan sesuai dengan standar visi,misi,motto dan tata niaia,maklumat

pelayanan, janji layanan serta kompensasi pelayaanan kepada pengunjung.

Maka Puskesmas memberikan kompensasi berupa permintaan maaf oleh petugas dan memberikan penjelasan dan jaminan perbaikan pelayanan sesuai standar.

 

13

Jaminan Keamanan dan keselamatan Pelayanan dalam Bentuk Komitmen untuk memberikan rasa aman,bebas dari bahaya,dan resiko keragu raguan.

Apabila Puskesmas tidak memberikan keamanan dan keselamatan pelayanan kepada pengunjung UPTD Puskesmas Kwandang  sesuai standar

Maka Puskesmas memberikan kompensasi berupa permintaan maaf oleh petugas dan memberikan penjelasan serta segera melakukan perbaikan jaminan keamanan dan keselamatan pengunjung.

 

14

Evaluasi Kinerja Pelaksana

Apabila Puskesmas tidak melakukan Evaluasi Kinerja Pelaksana secara periodik dan berkesinambungan sesuai standar pelayanan dibawah ini :

 

1.     Minlok Bulanan

2.     Minlok Tribulanan

3.     Penetapan SKP

4.     Laporan PKP

5.     Laporan Survei Kepuasan Masyarakat

6.     Laporan Evaluasi Pengaduan

 


 

 

7.     Audit Internal

8.     Audit Keuangan Oleh BPK

9.     Laporan Tim Pembina Cluster Binaan Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Utara.

Maka Puskesmas memberikan kompensasi berupa permintaan maaf oleh petugas dan memberikan penjelasan serta memberikan pembinaan terhadap penangung jawab kegiatan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Post a Comment